Selasa, 18 Juli 2017

LOGO HUT RI 72

Pemerintah sudah memiliki tema dan logo yang digunakan sebagai branding rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia atau HUT RI ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Tema HUT RI tahun 2017 ini, "72 Tahun Indonesia Kerja Bersama". Logo HUT RI tahun 2017 pun memuat angka "72" dan kalimat "INDONESIA KERJA BERSAMA".
Menteri Sekretaris Negara Pratikno melalui surat edaran meminta para menteri, pimpinan lembaga, gubernur, bupati, dan wali kota untuk menyosialisasikannya. Dengan begitu, masyarakat akan semakin mengenal dan mengetahui logo HUT RI tahun ini.
Pratikno menjelaskan, gotong royong adalah akar dari kebudayaan Indonesia yang merupakan wujud harmoni kebersamaan. Gotong royong juga sudah menjadi perekat sosial paling efektif tanpa memandang ras, suku, dan agama untuk mencapai tujuan yang luhur.

Kebersamaan itu pulalah yang diangkat menjadi tema sebagai semangat pada perayaan 72 tahun Indonesia Merdeka tahun ini. Pendekatan tersebut, kata Pratikno, menjadi esensi sekaligus ajakan kepada segenap masyarakat Indonesia. Semangat ini untuk merangkul dan mengedepankan asas kebersamaan.
"Melalui semboyan ini pula, masyarakat diingatkan untuk kembali bersama-sama bersatu dalam perbedaan dan melanjutkan perjuangan menjadi bangsa yang terhormat," kata Pratikno seperti dalam surat edaran itu.

Makna logo dan slogan

Logo, "72 TAHUN INDONESIA KERJA BERSAMA" menjadi representasi semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Angka "7" pada logo menjadi simbol anak panah yang menyerong ke kanan atas. Ini melambangkan dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan positif.
Letak dan posisi angka "2" pada logo yang terlihat merangkul angka "7" lambang asas kebersamaan dalam bekerja membangun bangsa Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan. Bentuk angka "2" juga merepresentasikan bentuk bendera Indonesia yang terdiri dari dua bagian.

Sementara itu, slogan yang digunakan "Kerja Bersama, Bersama Kerja". "Kerja bersama" menunjukkan pendekatan yang bersifat merangkul dan memperlihatkan asas kebersamaan dan gotong royong dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik. Sedangkan "Bersama kerja" menunjukkan ajakan untuk bersama-sama bekerja membangun kemajuan Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.
Secara resmi, softcopy tema dan logo PEringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI tahun 2017 ini dapat diunduh melalui situs resmi Kementerian Sekretariat Negara di www.setneg.go.id


Logo HUT RI 72 cdr x3 bisa diunduh di sini
Tema dan Logo versi pdf dari situs resmi setneg.go.id dapat diunduh di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar